BeritaEkonomiNTT

Ekonomi Kreatif : Ujung Tombak peningkatkan Ekonomi Masyarakat Lokal Kupang

×

Ekonomi Kreatif : Ujung Tombak peningkatkan Ekonomi Masyarakat Lokal Kupang

Sebarkan artikel ini

Kupang,(CYBER24.CO.ID) – Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep yang mengacu pada pengembangan ekonomi yang berbasis pada kreativitas, inovasi, dan sumber daya lokal.

Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dengan memanfaatkan potensi kreatif dan sumber daya yang ada di daerah tersebut.

Ekonomi kreatif masyarakat lokal Kupang dapat berupa:

1. Kriya: Usaha yang berbasis pada keterampilan tangan, seperti kerajinan, anyaman, tenun, olah makanan lokal, dan lain-lain.

2. Desain: Usaha yang berbasis pada desain, seperti desain grafis, desain interior.

3. Musik: Usaha yang berbasis pada musik, seperti produksi musik, konser.

4. Film: Usaha yang berbasis pada film, seperti produksi film, distribusi film, dan lain-lain.

5. Pariwisata: Usaha yang berbasis pada pariwisata, seperti pengembangan destinasi wisata, jasa tur, kuliner dan lain-lain.

Ekonomi kreatif masyarakat lokal memiliki manfaat:

1. Ekonomi kreatif dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan.

2. Ekonomi kreatif dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat lokal dengan memanfaatkan potensi kreatif dan sumber daya yang ada.

3. Ekonomi kreatif dapat meningkatkan citra daerah dengan menciptakan produk dan jasa yang unik dan berkualitas.

4. Ekonomi kreatif dapat meningkatkan partisipasi masyarakat lokal dalam kegiatan ekonomi dan sosial.

Upaya Pemerintah dan masyarakat Lokal Kota Kupang meningkatkan ekonomi kreatif di tengah persaingan Indomart, Supermart dan Alfamart.

Ekonomi Kreatif berperanan penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal kota Kupang.

Namun dengan menjamurnya Indomarth, Hipermarth, Alfamarth di Kota Kupang menjadi ancaman serius terhadap pertumbuhan Ekonomi Kreatif masyakat. Maka pemerintah dan maduarakat perlu melakukan upaya upaya demi menjaga kelangsungan hidup ekonomi kreatif di kota Kupang.

Upaya Pemerintah

1. Pemerintah dapat meningkatkan infrastruktur yang mendukung ekonomi kreatif, seperti pem bangunan pusat kerajinan, pusat desain.

2. Pemerintah dapat meningkatkan akses ke pembiayaan bagi pelaku ekonomi kreatif, seperti memberikan pinjaman dengan bunga rendah.

3. Pemerintah dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ekonomi kreatif, seperti mengadakan pelatihan, seminar.

4. Pemerintah dapat meningkatkan kerjasama dengan swasta untuk meningkatkan ekonomi kreatif, seperti mengadakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi kreatif.

5. Pemerintah membuat perda tentang pembatasan jumlah Supermarth, Alfamarth dan Hipermarth.

Upaya Masyarakat

1. Masyarakat dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk dan jasa yang unik dan berkualitas.

2. Masyarakat dapat meningkatkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan, sehingga dapat bersaing dengan produk dan jasa dari Indomart, Supermart, dan Alfamart.

3. Masyarakat dapat meningkatkan pemasaran produk dan jasa yang dihasilkan, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

4. Masyarakat dapat meningkatkan kerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kreatif, seperti mengadakan kerja sama dengan dinas-dinas yang terkait dengan ekonomi kreatif.

Upaya yang telah dilakukan

1. Pemerintah telah membangun pusat kerajinan di Kota Kupang, yang menjadi tempat bagi pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan produk dan jasa.

2. Pemerintah telah mengadakan pelatihan ekonomi kreatif bagi masyarakat Kota Kupang, untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan dalam mengembangkan produk dan jasa yang unik dan berkualitas.

3. Pemerintah telah mengadakan kerjasama dengan swasta untuk meningkatkan ekonomi kreatif, seperti mengadakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi kreatif.

Masyarakat mengharapkan agar terjalin kerjasama yang baik dari semua pihak demi memajukan usaha ekonomi kreatif bagi masyarakat lokal Kupang. Pemerintah dan masyarakat Kota Kupang sehingga bisa hidup dan bertahan di tengah persaingan Indomart, Supermart, dan Alfamart.

Oleh : Oktovianus Kadja, SE.

Editor :Yohanes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250
error: Content is protected !!